Cara Memasak Cumi Dengan Resep Yang Istimewa

5 Resep Olahan Cumi Nan Simpel dan Enak, Wajib Dicoba!

Cumi adalah salah satu olahan seafood yang banyak penggemarnya. Cumi menjadi salah satu olahan yang disukai karena punya rasa yang gurih dan juga kenyal ketika digigit. Cumi juga mempunyai kadar kolesterol tidak terlalu tinggi. Tidak seperti kepiting yang bisa menyebabkan kadar kolesterol tinggi. Olahan cumi namun harus diperhatikan. Anda harus tahu cara memilih cumi yang benar.

  • Lihat Kesegaran Cumi

Hal yang harus anda perhatikan dalam memilih cumi adalah kesegarannya. Jika cumi tidak segar makan cumi akan terlihat benyek dan seperti ada cairan yang mengental di sekitar cumi. Cumi yang segar juga keadaanya tidak rusak dan masih utuh semuanya. Anda juga harus melihat warnanya. Warnanya masih segar dan cerah berarti cumi masih layak konsumsi.

  • Pilih Cumi Yang Baunya Tidak Aneh

Bukan hanya dari penampilan cumi saja yang harus anda lihat dalam memilih cumi. Cumi yang masih bagus juga harus dilihat dari baunya. Cumi yang masih layak konsumsi tentunya memiliki bau yang tidak menyengat. Baunya seperti bau amis biasa saja. Kalau sudah ada lalat yang hijau bersarang di cumi kemudian baunya tidak enak. Jangan sekali-kali anda membelinya.

Setelah anda mengetahui bagaimana memilih cumi yang bagus dan layak konsumsi. Anda sebaiknya tahu cara memasak cumi. Ada sebagian orang yang tidak tahu dan menyebabkan masakan cumi tersebut aneh dan tidah enak. Beberapa masakan cumi harus dimasak dengan benar dan juga dengan resep yang lezat. Berikut beberapa masakan cumi dengna resep yang istimewa.

Masakan Cumi Cabe Hijau

Cara memasak cumi yang pertama adalah cumi cabe hijau. Resep cumi yang satu ini sering ada di resetoran atau juga di warung makan nasi. Cumi cabe hijau memberikan rasa yang enak dan nagih. Sehingga banyak yang mengolah cumi dengan cabe hijau.

Bahan-Bahan Yang Anda Siapkan:

  • Cumi 1 kg
  • Cabe hijau Besar 8 buah
  • Bawang putih 3 buah
  • Bawang merah 5 buah
  • Tomat 1 buah
  • Garam
  • Kaldu Bubuk
  • Minyak Untuk menumis

Cara memasak cumi cabe hijau adalah pertama kali anda bersihkan cumi. Membersihkan cumi ada hal yang harus diperhatikan. Buang saja bagian yang keras seperti plastic di badan cumi. Setelah itu anda cuci bersih. Lalu anda potong-potong menjadi beberapa bagian. Hati-hati jangan sampai anda potong tempat tinta cuminya. Dikarenakan tinta cumi sangat enak ketika dimasak.

Setelah dicuci dan dipotong cuminya. Anda iris bawang putih, bawang merah, cabe hijau besar, dan tomatnya. Lalu anda siapkan wajan untuk menumis. Berikan minyak sedikit saja. Kemudian setelah minyak panas. Tumis semua bumbu yang sudah diiris. Setelah wangi, anda masukkan cuminya. Berikan air sedikit saja. Terlalu banyak air akan membuat rasa cuminya hilang. Berikan garam dan kaldu bubuk sesuai selera anda. Jadi anda cicipi agar tidak keasinan. Selanjutnya anda masak cumi. Jangan terlalu lam masak cumi. Terlalu lama bisa menyebabkan cumi alot atau susah digigit. Jadi jangan masak terlalu lama.

Setelah siap cumi cabe hijaunya, makan dengan nasi yang masih panas. Kemudian untuk sayuran pendampingnya, anda makan dengan tumis kangkung lezat. Jangan lupa juga makan dengan sambal terasi yang mentah. Jika anda tidak suka sambal terasi mentah, anda bisa memakannya dengan sambal bajak yang digoreng terlebih dahulu. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *